Jaring ‘Asmara’, Pemkab Gelar Pra Forum SKPD


Para peserta Forum SKPD se Kabupaten Bima yang digelar di Aula Bupati Bima, Senin (2/3/15).

PADA tahun anggaran 2015, Pemerintah Kabupaten Bima menerapkan pola baru penjaringan aspirasi masyarakat (jaring Asmara) yang sebelumnya melalui hanya Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bima, kini dilaksanakan pra-forum SKPD yang secara khusus menghadirkan 18 camat dengan membawa Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan  (RPTK) masing – masing. Tema yang diangkat dalam dialog tersebut yakni ”Meningkatkan Daya Saing Daerah Guna Mendorong Kemandirian Ekonomi, Peningkatan Investasi dan Pengurangan Kemiskinan”.

Bupati Bima memberikan arahan kepada peserta Forum SKPD.
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Senin, (2/3/15) dibuka secara resmi oleh Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M.Nur, M.Pd. yang didampingi Sekda Kabupaten Bima, Drs. H.M.Taufik, HAK, MSi, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muzakkir, M.Sc, Kepala Bappeda Ir. Indra Jaya dan Ketua PPID Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos,  MM .
Bupati dalam arahannya menyatakan, pembangunan daerah diarahkan pada berbagai kebijakan pembangunan yang bersifat mendasar sesuai tuntutan kebutuhan daerah dan masyarakat. Nah, melalui Forum SKPD ini diharapkan dapat menyusun dokumen kerja secara lengkap, aktual, teratur dan terarah yang sesuai fakta.
Kata dia, untuk memantapkan persiapan penyusunan program,
meskipun sebelumnya telah diadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kewilayahan, Pemkab kembali mengadakan Forum SKPD guna menentukan langkah selanjutnya.
“Saya harap para pejabat pembuat program dapat memilih dan memilah, serta mengajukan usulan-usulan prioritas yang diurutkan sesuai tingkat urgensinya. Di forum ini, SKPD juga dituntut melakukan inventarisasi program dan perencanaan kegiatan yang akan dibuat SKPD tahun 2016 mendatang," kata Bupati.
Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H.M. Taufik, HAK, M.Si memaparkan, aspek perencanaan berdampak pada persoalan pelayanan informasi. Dengan demikian, nantinya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing kecamatan akan berperan penting melayani informasi publik secara transparan.
“Dukungan regulasi, dan fasilitasi oleh AIPD yang ditujukan agar usulan kecamatan menjadi prioritas telah ada sehingga nantinya pengelolaan keuangan di tingkat kecamatan dan desa akan benar-benar transparan dan tidak menimbulkan konflik," ungkapnya.

Secara khusus, Sekda menekankan peran penting camat dalam aspek perencanaan.  Kata dia, Forum SKPD ditujukan untuk mengintegrasikan aspirasi lintas sektor dengan mengacu pada indikator yang ada dalam RPJMD. Dengan demikian, camat harus memahami dengan baik kondisi di lapangan dan mengetahui skala prioritas pembangunan di masing-masing wilayah. “Selanjutnya progran prioritas ini  disampaikan kepada para kepala desa untuk selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Pembangunan di desa," tandasnya.
Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya mengatakan, Musrenbang tingkat Kecamatan telah selesai dilaksanakan pada 18 kecamatan yang ada. Beberapa catatan yang menjadi bahan evaluasi, antara lain tidak adanya kehadiran anggota DPRD Kabupaten Bima pada penjaringan aspirasi di tingkat kecamatan tersebut.
Demikian halnya utusan SKPD, tidak semuanya hadir pada Musrenbang, padahal seharusnya SKPD hadir untuk mengawal aspirasi itu dan yang selanjutnya dibawa ke Forum SKPD. “Dengan demikian, saaat forum SKPD dilaksanakan tidak ada lagi pertanyaan tentang materi usulan yang disampaikan,” ungkapnya.
Indra menambahkan, pra Forum SKPD yang melibatkan para camat ini penting guna memperbaiki pelaksanaan perancanaan tahun sebelumnya. Forum SKPD para camat ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi. Apalagi memasuki tahun 2016 kewenangan camat makin luas dan hal ini akan berpengaruh pada aspek perencanaan. (smd)
Share this post :

VIDEO KAMPUNG MEDIA

Arsip Kabar

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RIMPU CILI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger