BBGRM Kabupaten Bima Dicanangkan



Pelepasan balon sebagai tanda dimulainya BBGRM tingkat Kabupaten Bima.
BUPATI Bima Drs. H.Syafrudin HM.Nur.M.Pd, Rabu (1/10) secara resmi mencanangkan gerakan nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke – XI yang dipusatkan di lapangan sepak bola desa Panda Kecamatan Palibelo. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke – 42 tingkat Kabupaten Bima.

Bupati Bima dalam pengarahannya mengungkapkan, “Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong  (GN – BBGRM) merupakan kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan kepada peningkatan persatuan dan kesatuan masyarakat. “Disamping itu, ditujukan bagi upaya peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” katanya.

Menurut H. Syafrudin, di Kabupaten Bima hingga sekarang ini budaya gotong royong masih ada meskipun dari waktu ke waktu budaya ini cenderung ditinggalkan. Oleh karena itu pada pencanangan ini seluruh komponen masyarakat diajak bahu membahu dengan pemerintah daerah dalam menumbuh kembangkan semangat dan menggelorakan nilai – nilai gotong royong di lingkungan masing – masing.
Bupati Bima duduk berdampingan dengan tamu undangan
 
Ketua Panitia Pelaksana Drs. H. Rusydi, M.Si melaporkan, sasaran BBGRM adalah masyarakat desa di Kabupaten Bima yang ditujukan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dan meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil pembangunan di seluruh wilayah.
Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima  ini, kegiatan BBGRM ini dilaksanakan secara terpadu dan dikembangkan dengan upaya mewujudkan kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam menanggulangi permasalahan sosial dan bencana alam. Disamping pada saat yang sama juga dapat memanfaatkan sumber – sumber pembangunan yang dialokasikan seperti PNPM – MP, PNPM PISEW serta pemberdayaan sebagai pendorong keswadayaan masyarakat dalam pembangunan.

Menurut Rusydi, BBGRM diawali dengan sosialisasi program pembangunan dan dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong bersama warga masyarakat yang terintegrasi pada program kegiatan stimulan pemberdayaan pembangunan desa yang bersumber dari dana APBD. “Nilai dana stimulant bervariasi antara Rp 20 juta sampai Rp 50 juta,” akunya.

Pencanangan BBGRM ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Bima yang didampinggi Ketua DPRD Murni Suciyati, Wakil Ketua DPRD Hj. Indah Damayanti Putri dan anggota DPRD Kabupaten Bima, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rustinah H. Syafrudin. 

Kabag Humas dan Protokol Setda Bima, M.Chandra Kusuma, AP menjelaskan, semangat gotong royong ini juga selaras dengan pencanangan tahun 2014 sebagai tahun kerja berkelanjutan sehingga momentum BBGRM yang dicanangkan pada hari sangatlah tepat dan memiliki arti penting bagi upaya pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Bima guna mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Pencanangan yang berlangsung meriah ini, dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bima, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, para Pimpinan SKPD, BUMN, BUMD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan masyarakat Desa Panda Palibelo. (smd)

Share this post :

VIDEO KAMPUNG MEDIA

Arsip Kabar

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RIMPU CILI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger