Wakil Walikota Panen Perdana padi SRI di Nungga


WAKIL Walikota Bima H A.Rahman H Abidin, SE melakukan panen perdana padi SRI di Kelurahan Nungga Kecamatan Rasanae Timur. Dalam acara yang dihelat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Jaya turut dihadiri Asisten III Hj Rini Indriati, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Ir Syamsuddin, Kepala P2KP serta ratusan undangan lainnya, Kamis (24/10).

Wakil Walikota H A Rahman dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas apa yang dicapai oleh Gapoktan Tani Jaya, dimana hasil yang diperoleh dalam produksi dengan pola SRI, Gapoktan mampu memproduksi 11 ton gabah/hektar (ha), untuk ukuran Kota Bima, jumlah itu sangat fantastis dan baru pernah dicapai saat ini. “Jika dibandingkan dengan hasil produksi dengan tahun-tahun sebelumnya Saya rasa ini yang paling membanggakan buat saya di samping kebahagian lainnya atas karunia yang diberikan oleh Allah terhadap petani di sini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pada saat menghadiri panen perdana di Kelurahan Jatiwangi beberapa waktu lalu, petani di sana hanya mampu tembus 8 ton gabah/Ha, sebelumnya, Wakil Walikota mengaku pernah hadir juga saat panen perdana tahun lalu di Kelurahan Kolo, produksi gabah yang hanya menggunakan pola konvensional hanya mampu produksi sekitar 5 ton/ha. “Ini subuah keberhasilan yang patut disyukuri oleh kita semua, lebih-lebih para petani di sini,” bebernya.

Ia berharap pola tanam SRI di wilayah itu tetap dijadikan acuan para petani, sehingga mereka merasakan sendiri manfaatnya, pola SRI sangat tepat diterapkan di Kota Bima, hal itu perlu didukung juga oleh para penyuluh pertanian agar pola tersebut tetap dipertahankan serta tidak seperti kebiasaan masyarakat sebelumnya yang cepat sekali meninggalkan pola tanam modern dan kembali ke system tradisional.
“Kebiasaan Kita selama ini, cara tanam modern sering kali cepat dilupakan masyarakat dan hanya saat seperti ini saja diperhatikan, pola tersebut kita harus ubah dengan SRI, ini akan merubah kebiasaan konvensional kita karena memang hasilnya dua kali lipat,” ujarnya.

Rahman mengakui baru kali ini produktivitas pertanian khususnya padi mampu mencapai 11 ton/ha, saat Kepala Dinas Pertanian dipimpin oleh Ir Syamsuddin.

Dalam acara tersebut Walikota menyempatkan diri melakukan panen perdana pada areal persawahan sekitar 200 Ha yang dikelola oleh 10 Kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Tani  Jaya, Rahman memakai caping (sarau) ala petani.

Walikota mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan penebangan pohon di wilayah itu, karena akan mengakibatkan banjir, karena hutan selain manfaat untuk kita sekarang juga untuk anak cucu kita yang akan datang. Selain itu walikota meminta warga juga untuk merealisasikan penanaman pohon durian untuk menambah penghasilan dan sebagai tempat rekreasi bagi warga yang datang wilayah itu. (smd)
Share this post :

VIDEO KAMPUNG MEDIA

Arsip Kabar

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RIMPU CILI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger