Pilkades Panda 24 September



4 balon kades Panda (depan) bersama panitia dan BPD
Tanggal 18 Oktober 2012 jabatan Kepala Desa (Kades) Panda Kecamatan Palibelo Kab. Bima akan berakhir.  Sehubungan dengan hal itu, Camat palibelo, Drs. Zainuddin telah memfasilitasi pembentukan Panitia pemilihan kepala desa pada tannggal 7 september 2012 di aula Kantor Desa Panda.
Kegiatan yang dipinpin oleh Ketua BPD Panda ini berjalan lancar. Hal ini diebabkan peserta rapat yang sangat demokratis walaupun suhu politik desa sudah lebih panas akibat pergerakan para bakal calon dan tim suksesnya.

Bertempat di aula Kantor desa panda telah terbentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa Panda yang berjumlah 7 orang berasal dari berbagai elemen masyarakat. Dari ke-7 anggota, tiga orang berasal dari Kampung Media Rimpu Cili.

Berdasarkan jadwal yang dirancang oleh panitia, Pilkades Panda akan di gelar 24 September 2012. Sampai sekarang yang sudah terlaksana yakni, pendataan pemilih, penjaringan, bakal calon, sosialisasi tata tertib, dan pembahasan anggaran.

Berdasarkan hasil pendataan terakhir, jumlah pemilih yang memenuhi syarat mencapai 2085. Data ini masih akan diverifikasi lagi dan akan disepakati bersama dengan para calon kepala desa. Sedangkan mengenai bakal calon yang mendaftar berjumlah 4 orang dan semuanya sudah memenuhi syarat administrasi.

Menyangkut tata tertib, panitia telah merancang semaksimal mungkin dengan harapan akan menjadi pedoman pelaksanaan Pilkades yang benar-benar demokratis. Salah satu persyaratan yang disepakati bersama para calon bahwa calon kepala desa harus bersedia disumpah untuk tidak melakukan politik uang (money politic). Sedangkan bagi pemilih dilarang keras membawa kamera atau sejenisnya ke dalam bilik suara. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi jual beli suara oleh para penjudi seperti yang terjadi pada pilkades-pilkades sebelumnya.

Namun demikian, seketatat apapun aturan yang diterapkan panitia, tentu tidak akan bermakna tanpa kesadaran masing-masing pihak untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, panitia gencar melakukan sosialisasi dan imbauan untuk membuka kesadaran masyarakat dalam memilih pemimpin terbaik untuk desanya. (Yusi)
Share this post :

VIDEO KAMPUNG MEDIA

Arsip Kabar

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RIMPU CILI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger