Melirik Prospek Sumber Air Panas Desa Waro

Sumber mata air panas di desa Waro Kecamatan Monta Bima
(Foto : Rimpu Cili)
Kepala Desa Waro Kecamatan Monta, M Ali SH mengatakan, bahwa desanya memiliki potensi alam yang sangat menjanjikan. Potensi itu, yakni sumber air panas.

 Desa Waro Kecamata Monta, memiliki sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai sumber Pendapatan Asli Desa (PAD). Namun, belum digarap.  “Waro memiliki sumber mata air panas, yang mampu mengobati penyakit kulit. Bahkan dapat pula dijadikan sumber air untuk kebutuhan pertanian dan kebutuhan air bersih untuk masyarakat Waro,” Papar Ali, Minggu kemarin di Waro.    

Mata air panas yang terletak disebelah selatan pemukiman warga, jaraknya sekitar 200 meter. Pada musim kemarau seperti sekarang, mampu mengairi lahan pertanian warga Waro sekitar 15 hektar. “Mata air panas itu, tak pernah berhenti. Bagi petani sekitarnya dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian, sehingga mampu bercocok tanam Tiga kali setahun.” ujar Ali yang diamini  Husni Abdullah Ketua BPD setempat.

Selain untuk kebutuhan pertanian, bagi warga Waro sumber air panas itu dapat juga dijadikan air bersih untuk kebutuhan minum. Bahkan oleh warga, dijadikan tempat rekreasi di waktu lebaran, atau hari minggu maupun hari libur. “bagi warga Waro, kalau lebaran pikniknya di mata air ini atau hari libur,” terang Ali.

Disamping itu, mata air panas dapat juga dijadikan lokasi untuk tempat permandian. Mata air panas memiliki kedalaman 2, 20 meter, sehingga bagi anak-anak dapat dijadikan tempat untuk berenang.
Sumber mata air panas, ada 3 titik. Kalau ketiga titik itu dijadikan satu maka akan mampu memberikan kontribusi kebutuhan air bersih bagi 446 KK (Kepala Keluarga). “Kami berkeinginan ketiga sumber air panas itu dialirkan ke dalam satu bak besar. Dari bak besar itu, dialirkan ke setiap rumah penduduk Waro melalui perpipaan. Kami ingin kelola seperti PDAM, agar dapat meningkatkan PAD Desa saya,” Pungkas Ali.

Ali juga sangat berharap akan adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam rangka menyukseskan rencananya itu. (Ory)


Share this post :

+ komentar + 1 komentar

12 Januari 2019 pukul 05.46

Kok bisa aset daerah yang begitu bagus tidak diberdayakan oleh daerah? Harus dimanfaatkan guna menambah nilai ekonomis daerah setempat.

Posting Komentar

VIDEO KAMPUNG MEDIA

Arsip Kabar

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RIMPU CILI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger